Friday, 18 May 2018

Ingin Memelihara Anjing ? Baca Ini


anjing ras besar

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup difavoritkan di seluruh dunia selain kucing, hewan yang satu ini selain sebagai hewan peliharaan juga memiliki berbagai fungsi, contohnya sebagai penjaga rumah, sebagai teman, atau sebagai pemburu, seperti anjing kepolisian dan para pemburu di hutan.

Anjing memilliki beberapa kegunaan dikarenakan hewan ini memang meiliki kecerdasan lebih bagus dibandingkan hewan peliharaan rumahan lainnya seperti kelinci, kucing, dan lain-lain. Namun untuk membuat anjing memiliki kemampuan tentu perlu adanya latihan, dan umur yang tepat untuk melatih anjing adalah saat masih kecil, anak anjing yang berumur sekitar 1 bulan sudah bisa Anda latih, walaupun semua anjing pada umur dewasa pun masih bisa dilatih. Selain itu ketelatenan, konsistensi dan upaya dari pemilik anjing juga diperlukan agar anjing bisa patuh pada perintah

Untuk melatih anjing sesuai keperluan juga harus dipilih, ada anjing yang cocok untuk penjaga rumah, sebagai hewan peliharaan, untuk berburu, sebagai anjing pelacak, dan lain-lain, karena itu cara melatih anjing sesuai kebutuhan juga berbeda-beda satu dengan lainnya, namun yang pertama kali perlu dilakukan adalah pelatihan dasarnya, seperti duduk, berdiri, dll.

Berdasarkan ras sendiri umumnya anjing terdiri anjing ras dan campuran, masing-masing memiliki kelebihan dan dan kekurangannya sendiri, pada anjing ras biasanya karakternya sudah lebih jelas, selain itu bulu dan penampilan fisiknya lebih bagus dibandingkan anjing campuran namun memiliki kekurangan pada penyakit yang diturunkan dari induknya, berbeda dengan anjing campuran, walaupun tidak memiliki bulu dan tubuh sebagus anjing ras, namun anjing campuran tidak memiliki kekurangan berupa penyakit genetis yang diturunkan, hanya saja perilaku pada anjing campuran agak lebih sulit ditebak dibandingkan anjing ras murni.

Berbicara mengenai ras, ada banyak ras anjing yang bisa dipelihara, bahkan pada anjing ras besar, contohnya seperti boerboel, walaupun sepintas mirip dengan pittbull, namun boerboel memiliki tinggi hingga 70 cm dan berat 100kg, selain itu anjing yang satu ini mempunyai perilaku yang sangat penurut, pintar dan loyal, jadi cocok untuk melindungi keluarga atau rumah.

Jadi sebelum memelihara anjing, sebaiknya tentukan dulu untuk apa, apakah untuk peliharaan, penjaga rumah, atau lainnya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

1 comment: