Friday, 26 January 2018

Meski Gaji 2 Jutaan Kamu Tetap Bisa Nabung Dengan Menerapkan 5 Tips Ini



Banyak orang menyebut Indonesia sebagai negara yang kaya raya. Namun faktanya, pendapatan rata-rata orang Indonesia sangatlah kecil yaitu 47 juta pertahun. Sangat jauh berbeda dengan negara-negara di Eropa yang pendapatan rata-ratanya mencapai $100.000 atau sekitar 1.3 milyar rupiah. Jadi gaji standar di Indonesia itu 4 jutaan, itu belum termasuk lembur. Sayangnya, masih ada perusahaan yang menggaji karyawannya dibawah UMR, bahkan nominalnya hanya mencapai 2 jutaan perbulan. Miris bukan? Jika kamu termasuk orang yang hanya mendapatkan gaji 2 jutaan perbulan, jangan khawatir karena kamu tetap bisa nabung dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini.

1. Tentukan Daftar Belanjaan

Jika kamu cuma punya gaji 2 jutaan perbulan dan ingin menabung, sebaiknya kamu menentukan daftar belanjaan seketat mungkin. Mengapa? Karena dengan menetapkan daftar belanjaan yang tepat, maka kamu bisa nabung setidaknya 10% dari total pendapatanmu selama sebulan. Jadi jangan asal belanja ya, kamu mesti menentukan daftar belanjaan terlebih dahulu. Jika membuat daftar belanja bulanan terlalu sulit, kamu bisa memilah-milahnya menjadi daftar belanja mingguan. Misalnya gaji kamu 2.5 juta, maka dalam seminggu anggarkan dana belanja sebesar 500 ribu. Alhasil, kamu ‘pun bisa menabung sebanyak 500 ribu rupiah setiap bulannya. Belanja kebutuhan rumah atau pribadi mesti menjadi concern kamu ketika ingin memiliki tabungan. 

2. Buat Rekening Khusus Tabungan atau Celengan

Tentu uang sebanyak 500 ribu hasil penyortiran tersebut mesti kamu simpan di suatu tempat. Opsi penyimpanan paling ideal tentunya rekening bank. Jadi selain memiliki rekening untuk pengiriman gaji, kamu ‘pun mesti membuat rekening khusus tempat kamu menyimpan uang tabungan. Jadi selama sebulan, kamu wajib memasukan uang kedalam rekening tabungan dan jangan pernah kamu ambil sepeserpun. Jika kamu kurang suka menyimpan uang di rekening, maka opsi lainnya yaitu dengan menggunakan celengan. Kamu bisa menyimpan celengan tabungan di tempat paling aman, jangan sampai ada orang yang bisa mengaksesnya, selain kamu sendiri.

3. Prioritaskan Kebutuhan Utama dan Segera Lunasi Hutang
Setelah gajian, pastikan kamu sudah memprioritaskan kebutuhan utama seperti biaya listrik, biaya pendidikan, biaya tempat kos, dan lainnya. Jika kamu sudah menyelesaikan semua kebutuhan utama, maka kamu bisa bernafas lega karena kamu masih bisa menyisakan uang untuk tabungan. Jangan lupa, kamu ‘pun mesti memprioritaskan untuk membayar hutang, karena hutang yang tidak jua dibayarkan dapat menjadi penghalangmu untuk menabung. Jadi tepat setelah gajian, sediakan dana untuk membayar hutang-hutangmu. Perlu kamu catat, jangan dulu menabung jika hutang-hutangmu belum dibayarkan. Hutang itu layaknya benalu, jika dibiarkan, maka bisa semakin menjadi-jadi dan akhirnya tak bisa kamu bayarkan sama sekali.

4. Jangan Malas Mencari Kode Voucher di Internet

Bagi kamu yang hanya punya gaji 2 jutaan, maka kamu mesti mencari sumber-sumber uang di internet. Sebelum belanja online, sebaiknya kamu mencari kode voucher di beberapa marketplace sehingga biaya belanja bisa ditekan seminimal mungkin. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan yaitu voucher BukalapakDapatkan kode voucher Bukalapak ini di beberapa sumber, bisa langsung dari situs Bukalapak atau di beberapa situs-situs yang terafiliasi dengan promo-promo dari Bukalapak. Dengan memanfaatkan voucher, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan dengan harga lebih murah. Alhasil, kamu ‘pun bisa menabung untuk masa depan yang lebih baik.

5. Kurangi Nongkrong

Nongkrong bisa saja berfaedah karena bisa mempererat silaturahmi. Namun nongkrong bisa tidak berfaedah sama sekali, jika gaji bulananmu hanya 2 jutaan. Bagi kamu yang sudah menikah, maka hentikanlah segera kebiasaan nongkrong. Bagi kamu yang masih lajang, maka kurangilah kebiasaan nongkrong. Apalagi di era yang semakin konsumtif seperti sekarang, segelas kofi di kafe saja mesti kamu tebus 15 hingga 20 ribu rupiah.

Bagi kamu yang punya gaji bulanan sebesar 2 jutaan dan punya plan tertentu di masa depan, sebaiknya aplikasikan beberapa tips diatas. Jika kamu rutin menabung setiap bulan, maka kamu bisa mendapatkan tabungan yang lumayan banyak setiap tahunnya.

0 comments:

Post a Comment