Wednesday, 22 November 2017

Apa itu Slime, dan Bagaimana Cara Membuatnya

slime, cara membuat slime, sejarah slime, pengertian slime

Apa kamu sudah tahu apa itu slime ? secara bahasa sllime artinya lendir, slime merupakan mainan unik yang dibuat dari pencampuran lem dengan cairan borax, cairan borax yang dimaksud adalah zat yang terdapat pada deterjen kamu di rumah.

Bentuknya yang kenyal dan lembut membuat slime semakin dikenal sebagai mainan anak-anak sejak tahun 2016 lalu melalui tangan para youtuber.

Sejarah Slime

Namun tahukah kamu, ternyata molekul dasar slime yang bernama molekul staudinger sudah ditemukan pada tahun 1920 oleh seorang peraih nobel bernama Hermann Staudinger, dia menetapkan dasar dari ilmu polimer, pada tahun 1928 molekul staudinger ini terus dipelajari oleh dua ilmuan, yaitu meyer dan mark, hingga akhirnya pada tahun 1930 model molekul staudinger mulai diterima masyarakat dan mulai diterapkan.

Pada mulanya mainan tersebut berbentu tanah liat yang hanya bisa dibentuk, kemudian seiring berjalannya waktu bermacam-macam mainan slime terus berkembang, contohnya seperti silly putty pada tahun 1950. Kemudian pada tahun 1980, bermacam-macam slime mulai dipasarkan.

Dan hingga kini slime menjadi tenar terutama setelah banyaknya youtuber yang membuat tutorial cara membuat slime dengan berbagai bahan yang bisa ditemukan disekitar kita.

Manfaat Slime

Walaupun terlihat sederhana, rupanya slime juga memiliki manfaat ketika dimainkan, contohnya seperti ; menyalurkan emosi, tidak hanya membawa kebahagiaan bagi anak-anak dengan mengepal atau menarik-narik slime semua rasa amarah dan perasaan negatif bisa tersalurkan, jadi bukan hanya pada anak-anak, bahkan juga pada orang dewasa.

Selain sebagai mainan, slime juga bisa digunakan sebagai pembersih debu, terutama pada sela-sela kecil, kemudian juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan, kamu bisa menaruh slime ini wadah yang bening, jangan lupa, ketika membuat slime kamu bisa mewarnainya sesuai dengan keinginanmu.

Cara Membuat Slime

Ada beberapa cara membuat slime, tapi ada satu bahan yang harus ada pada pembuatan slime, yaitu slime aktivator, pada umumnya slime aktivator yang digunakan adalah borax, hanya saja jika kita menggunakan borax akan lebih berbahaya karena zat borax yang sifatnya bisa membuat kulit gatal-gatal, panas, hingga nyeri, terutama pada kulit yang tipis atau sensitif, jadi ketika kamu ingin membuat slime dengan borax sebaiknya gunakanlah sarung tangan.

Selain borax, kamu juga bisa menggunakan obat tetes mata, air softlens, deterjen cair, deterjen bubuk, lulur ayudya, dan GOM obat sariawan atau obat tetes mata.

Lalu bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat slime dan bagaimana cara membuatnya ? kita akan mencoba membuat slike dengan bahan dasar hand body/body lotion, simak langkah-langkahnya dibawah ini :

Bahan :


  • ·         Hand body/body lotion, 1-2 sendok teh
  • ·         Sabun pembersih wajah (yang cair), 1-2 sendok teh
  • ·         Sabun cuci cair atau sabun mandi cair secukupnya
  • ·         Obat tetes mata secukupnya
  • ·         Lem kertas cair, 6-8 sendok makan
  • ·         Pewarna makanan 2-3 sendok teh (hanya untuk menambahkan warna, boleh tidak pakai pewarna)

Langkah-langkah cara membuat slime


  • ·         Siapkan wadah berukuran sedang untuk mengaduk slime
  • ·         Masukan bahan seperti hand body dan sabun cuci muka ke dalam wadah
  • ·         Setelah itu msaukkan sedikit sabun cuci cair, dan sabun mandi cair, aduk rata hingga tercampur semuanya
  • ·         Kemudian masukkan pewarna sedikit demi sedikit ke dalam adonan slime, jangan lupa tambahkan lem kertas cair sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus di aduk
  • ·         Terakhir, tambahkan beberapa tetes obat mata, sekitar 3-5 tetes, aduk terus sampai adonan tercampur rata dan mengental


Nah, jika sudah bisa membuat slime kamu bisa mengajak teman kamu untuk membuat slime bersama-sama, jangan lupa, jika kamu tidak memiliki pulsa kamu bisa membeli pulsa secara online di sepulsa, apalagi untuk yang malas keluar rumah.


0 comments:

Post a Comment