Wednesday, 16 August 2017

Tips dan Langkah Belanja Online yang Aman untuk Menjadi Pelanggan Online yang Cerdas

online shop, olshop, toko online, belanja onlne

Di dalam pelajaran ekonomi kita selalu diajarkan mengenai pasar dan juga beberapa faktor yang membentuknya. Seperti terbentuknya pasar bila ada pedagang, pembeli, dan barang yang dijual dalam pasar tersebut. Tetapi sekarang ini walaupun pasar tradisional masih bisa ditemui dengan mudah ada juga pilihan lain untuk mendapatkan barang yang diinginkan yaitu dengan membeli barang secara online. Dimana beberapa faktor sudah cukup dimilikinya yaitu ada penjual, pembeli, dan juga barang yang dijual. Tetapi bedanya adalah pada sistem penjualannya dimana menggunakan sistem online dan mengutamakan internet sebagai tempat untuk menjual barang dari penjual kepada pembeli yang membutuhkan barang.

Ketika memilih pasar online ini daripada pasar tradisional, tentu saja ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Seperti beberapa keuntungan untuk pembeli seperti berikut:

  • Pembeli akan dapat mencari barang yang diinginkan dengan lebih mudah dimana hanya tinggal mengakses internet dan mengetik barang yang dibutuhkannya.
  • Pembeli dapat untuk melakukan pembelian atau pencarian barang yang dibutuhkan tersebut di berbagai tempat baik itu ketika di rumah, di kantor, atau ketika berada di tempat lain yang terhubung dengan internet.
  • Pembeli dapat untuk membeli barang yang diinginkan karena ada berbagai macam pembeli yang ada dan semuanya menjual barang yang berbeda. Sehingga masyarakat dapat untuk memilih barang yang dibutuhkan dan diinginkannya.
  • Pembeli bisa mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dengan harga yang termurah karena semua bisa untuk melakukan perbandingan harga terlebih dahulu ketika akan membeli barang. Sehingga pembeli akan mendapatkan barang yang diinginkan dengan lebih murah daripada di banyak toko yang didatangi.

Selain untuk pembeli, berjualan di pasar online juga akan menguntungkan untuk penjual barangnya. Dimana keuntungan untuk para penjual tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penjual dapat untuk menjual dalam kondisi barang apa saja baik itu barang baru ataupun bekas.
  • Penjual dapat untuk menjual berbagai jenis barang seperti yang telah disebutkan di atas. Misalnya baju baru, baju bekas yang layak pakai, handphone bekas, ataupun juga barang lainnya.
  • Penjual tidak perlu untuk memiliki tempat atau toko yang digunakan untuk berjualan sehingga akan lebih mengurangi pengeluaran dan modal.
  • Penjual bisa dengan mudah akan mendapatkan pembeli yang potensial sehingga tidak akan membuang waktu.
  • Jam kerjanya akan lebih fleksibel dan bisa untuk disambi dengan kegiatan yang lain.

Akan tetapi karena merupakan sistem baru, maka penjualan online ini tentu saja masih mempunyai beberapa kekurangan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Beberapa kerugian yang bisa dirasakan oleh masyarakat ketika belanja online adalah:

  • Akan mendapatkan barang yang berbeda dari foto yang ada di toko online. Dimana hal tersebut sangat sering terjadi karena masyarakat yang kurang cermat dalam memilih barang.
  • Masyarakat tidak bisa untuk melihat barang dan wujud fisik barang secara langsung.
  • Masyarakat bisa untuk mendapatkan barang palsu walaupun di toko online ditulis yang dijualnya barang asli.
  • Dan masih banyak kerugian lainnya dari membeli barang secara online tersebut.

Oleh karena itulah, bagi masyarakat yang ingin membeli barang secara aman ketika belanja online, ada beberapa hal yang bisa untuk dilakukannya. Terutama untuk pembeli pemula yang membeli barang dengan cara online ini sehingga akan mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah dan murah akan tetapi juga mendapatkan keamanan yang akan diterima. Beberapa langkah dan tips yang bisa dilakukan misalnya adalah beberapa cara berikut agar menjadi pelanggan online yang cerdas.

  1. Tentukan barang yang akan Anda beli
Sama seperti ketika akan belanja di toko konvensional pada umumnya, agar ketika sedang berbelanja di toko online tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan karena tergoda dengan harga murah dan juga faktor lainnya. Maka sebaiknya ketika akan membeli barang secara online tentukan dulu prioritas barang yang akan dibeli. Pilih jenis barang yang akan dicari secara online tersebut bisa tas, sepatu, handphone, dan juga bahkan tiket untuk melakukan perjalanan yang bisa didapatkan dengan cara online.

  1. Cari barang sesuai harga yang disiapkan
Langkah selanjutnya adalah dengan memilih barang yang diinginkan yang telah disesuaikan dengan dana yang telah disiapkan. Hal tersebut penting karena di internet nantinya akan ada banyak tawaran barang yang diinginkan dan harganya akan berbeda. Sehingga untuk mendapatkan barang yang tepat maka pilihlah barang yang sesuai dengan dana yang telah disiapkan.

  1. Pertimbangkan merek barang
Biasanya merek barang harus dipilih dan di pertimbangkan oleh masyarakat ketika memilih suatu barang. Hal tersebut karena merek akan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan sehingga tidak heran apabila merek ternama dengan kualitas nomor satu biasanya akan mempunyai harga yang tinggi dan cenderung mahal dibandingkan merek lainnya.

  1. Pertimbangkan toko online yang akan dipilih
Langkah selanjutnya ketika akan membeli barang yang diinginkan adalah dari toko online yang akan dipilih. Hal tersebut sangat penting karena biasanya bagi yang ahli dan sering belanja barang online sebelumnya tidak akan kesulitan ketika akan membeli barang secara online. Tetapi untuk pemula tentu saja akan susah untuk menemukan toko online yang bagus dan terpercaya. Oleh karena itulah Anda bisa untuk melakukan beberapa tips berikut ini ketika akan memilih toko online yang terpercaya dan bisa untuk belanja online dengan aman.

Memilih situs jual beli adalah langkah pertama untuk mendapatkan toko online aman yang dapat dipercaya. Dengan menggunakan pihak ketiga, maka transaksi online yang dilakukan akan dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi pastikan Anda melakukan transaksi dengan penjual melalui pihak situs yang dipilih dan tidak untuk menghubungi penjual secara personal diluar situs demi keamanan.

Memilih toko online yang aman dan mempunyai domain sendiri adalah salah satu cara untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan belanja online ini. Pastikan Anda untuk memilih toko online yang aman ketika akan membeli barang yang diinginkan. Terlebih barang dengan merek ternama dan mahal maka pilih toko yang tepat untuk mendapatkannya.

Misalnya ketika Anda akan membeli barang seperti sepatu atau tas branded, maka hal yang dibutuhkan adalah toko online yang aman. Dimana bukan hanya dari segi pengiriman barang yang benar dilakukan tetapi juga dari mendapatkan produk ori sehingga akan mendapatkan barang yang diinginkan dari sepatu merek impian Anda tersebut. Contoh toko online aman dan menjual barang branded misalnya adalah Bobobobo.

Toko online tersebut merupakan toko yang menjual banyak sekali jenis barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dari sepatu, topi, tas, baju, sweeter, dan banyak barang lainnya. Salah satu brand ternama yang ditawarkan oleh toko tersebut adalah sepatu dan tas dari Charlotte Olympia dimana bagi Anda yang ingin membeli barang dari brand tersebut bisa untuk mengakses situs https://www.bobobobo.com/id/brand/charlotte-olympia ini.


0 comments:

Post a Comment