Saturday, 8 July 2017

Peran dan Sistem Kerja Lembaga Sosial



Lembaga sosial merupakan lembaga yang mengkhususkan diri untuk kebutuhan masyarakat umum. Tugas dari lembaga ini tidak seperti lembaga pada umumnya yang mempunyai kebutuhan untuk menghasilkan tetapi sebaliknya justru mengkhususkan diri untuk dapat membantu masyarakat pada umumnya. Lembaga ini seperti namanya bergerak dalam bidang sosial dan tidak mengejar keuntungan seperti lembaga bisnis pada umumnya.

Adapun prinsip dari lembaga ini adalah sebagai berikut ini:

  • Bergerak untuk membantu dan mengirim bantuan baik relawan ataupun dalam bentuk material untuk daerah yang mengalami bencana alam sehingga sangat memerlukan bantuan baik support secara moril dan juga materil dari banyak pihak.
  • Bergerak dalam upaya kemanusiaan yang terjadi seperti membantu korban perang, membantu daerah yang dilanda kelaparan, kemarau panjang yang membutuhkan air bersih, dan beragam daerah yang membutuhkan bantuan sosial lainnya.
  • Mengurusi masalah sosial yang sedang terjadi dan membantu serta melakukan kerja-kerja sosial yang berhubungan dengan kemanusiaan dan sosial pada umumnya.

Sistem kerja dari lembaga yang mengurusi sosial ini bergerak dalam bidang kemanusiaan sehingga digolongkan menjadi lembaga nonprofit seperti LSM lainnya. Dimana untuk mendapatkan dana lembaga ini mempunyai beberapa cara untuk mendapatkan dana yang diperlukannya untuk urusan lembaga. Cara pertama adalah dari dana operasional dari lembaga tersebut. Dimana hal tersebut juga berkaitan dengan pendiri lembaga tersebut. Apabila dipunyai oleh pemerintah maka dana operasional yang ada adalah dari pemerintah yang menggunakan dana dari negara. Sedangkan untuk lembaga bantuan sosial yang didirikan oleh perseorangan atau kelompok swasta mempunyai dana yang berasal dari dan operasional yang dihasilkan dengan banyak cara.

Salah satu cara untuk mendapatkan dana untuk lembaga ini adalah mengandalkan bantuan dari masyarakat yaitu melalui donasi yang bisa digalang sewaktu-waktu. Dimana dana tersebut akan digunakan untuk keperluan sosial seperti misalnya membantu korban bencana alam yang sedang ditimpa bencanabaikbanjirbandangkemaraupanjang, longsor, tsunami, dan juga bencana alam lainnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk melakukan kegiatan sosial lainnya seperti mengirim makanan, alat medis dan obat-obatan di negara yang kelaparan dan juga sedang mengalami masalah seperti perang saudara seperti di Somalia dan juga di jalur Gaza.

Donasi tersebut dikumpulkan dari masyarakat yang disebarkan melalui banyak cara yaitu dari kekuatan media sosial salah satunya yang diharapkan dapat untuk menggerakkan masyarakat menyumbangkan dana untuk membantu sesamanya atas dasar kemanusiaan. Dengan begitu diharapkan masalah sosial yang selama ini terjadi dapat dikurangi tanpa perlu menunggu pemerintah untuk turun tangan yang biasanya membutuhkan waktu yang lama. Sebaliknya Anda bisa untuk bergerak sendiri dan juga mengajak masyarakat lainnya untuk melakukan pergerakan dengan melakukan donasi atau bisa juga sebagai relawan.


0 comments:

Post a Comment