Tuesday, 25 July 2017

Doa Zakat Fitrah Lengkap, Prasyarat Utama dalam Berzakat


Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memang tengah menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Selain untuk mensucikan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan, zakat fitrah juga memberikan berbagai pelajaran bagi para pelakunya untuk dapat berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Untuk menjalankan zakat fitrah ini, terdapat beberapa ketentuan yang wajib dihadirkan oleh para pengeluar zakat fitrah. Pada umumnya zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok, yang biasa dikonsumsi oleh para pengeluar zakat fitrah, dengan besaran sekitar 2,5 kg atau yang dapat pula dikeluarkan dalam bentuk uang yang setara dengan besaran tersebut.

Zakat fitrah tidak hanya diwajibkan bagi seorang muslim yang telah memiliki usia dewasa saja, namun bagi setiap muslim dalam usia anak-anak pun wajib mengeluarkan zakat fitrah, dimana nantinya zakat ini, akan dikeluarkan oleh para orang tua mereka. Hamba sahaya atau yang dalam kebiasaan kita biasa disebut dengan pembantu rumah tangga pun, wajib mengeluarkan zakat, yang pembayarannya akan dibebankan pada majikan atau orang yang mempekerjakan mereka.

Berikut ini beberapa prasyarat dalam menjalankan zakat fitrah bagi seorang muslim, yang antara lain adalah:


  • Zakat dikeluarkan pada saat bulan ramadhan, tepatnya pada hari ke 27 bulan ramadhan hingga hari sebelum sholat ied dilaksanakan.
  • Membaca doa zakat fitrah lengkap, pada saat zakat fitrah diserahkan.
  • Mengeluarkan zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok, atau sejumlah uang dengan takaran yang sepadan dengan makanan pokok yang ditentukan.
  • memberikannya langsung kepada orang yang wajib untuk diberikan atau melalui amil zakat yang memang akan membantu Anda menyalurkan zakat tersebut.

Doa zakat fitrah merupakan prasyarat utama yang memang harus dilafalkan oleh para pemberi zakat fitrah, dimana dengan melafazkan doa inilah, niat untuk memberikan sebagian rizky dan mensucikan ibadah salam bulan ramadhan telah terucapkan. Meskipun terkadang para pengeluar zakat fitrah tidak secara langsung memberikan zakat tersebut kepada yang berhak menerima, namun doa ini tetap wajib dilafazkan, meskipun diwakilkan pada orang yang dipercaya untuk menyerahkan zakat fitrah tersebut.


Bagi Anda yang berperan sebagai orang tua yang menyerahkan dan memberikan zakat fitrah atas nama anak dan keluarga, lafaz yang harus Anda ucapkan akan berbeda dengan lafaz atas zakat fitrah untuk diri Anda sendiri. Oleh karenanya memberikan zakat fitrah melalui amil zakat akan lebih disarankan untuk Anda lakukan, karena melalui amil zakat tersebut, nantinya Anda akan dituntun untuk membacakan doa zakat secara lengkap, karena pada dasarnya tidak semua insan menghafal dan mengerti lafaz dari doa zakat fitrah secara lengkap. Niat dalam zakat fitrah, menjadi penentu niatan zakat yang akan Anda keluarkan.

0 comments:

Post a Comment