Friday, 9 June 2017

Sekilas Mengenai Hewan Kurban dan Seluk Beluknya

hewan kurban, hari raya, idul adha

Hari Raya Idul Adha akan datang sebentar lagi. Seluruh umat muslim yang mampu diharapkan bisa memberikan sumbangan berupa hewan kurban sehingga bisa disembelih dan dibagi bersama. Menyembelih kurban ini adalah salah satu ibadah yang utama sehingga diharapkan semakin bisa mendekat kepada Allah SWT. Kegembiraan dalam rangka Idul Adha ini sendiri juga bisa terlihat lantaran adanya pembagian hewan untuk kurban dimana banyak umat yang kurang mampu juga bisa merasakan nikmatnya daging sehingga kebahagiaan bisa dirasakan oleh seluruh umat.

Hukum berkurban sendiri terdapat dua pendapat yaitu wajib bagi yang mampu dan berkelapangan,  dan sunnah muakkad atau sunnah yang ditekankan. Untuk hewan yang bisa dijadikan kurban sendiri sangat beragam mulai dari kambing, domba, sapi hingga unta. Untuk kambing dan domba sendiridi hitung untuk kurban satu orang, sedangkan untuk sapi adalah untuk tujuh orang. Lain halnya dengan seekor unta yang bisa dikurbankan untuk hitungan 10 orang. Dalam hal ini, kerap diadakan patungan kurban sehingga bisamendapatkan sapi atau unta, namun ulama sendiri ada yang memperbolehkan dan ada juga yang tidak.

Sebagai jawaban dari keinginan berkurban sapi sehingga bisa berkurban untuk tujuh orang, ada juga yang menyarankan arisan kurban sehingga bisa tetap berkesempatan untuk berkurban meski memang harus menunggu gilirannya. Dalam pembahasannya, banyak ulama yang mengkaitkan antara arisan kurban dengan hutang mengingat memang hutang untuk berkurban adalah diperbolehkan. Meski begitu, patut diketahui juga jika diperbolehkannya hutang untuk kurban adalah pada orang yang memiliki keadaan mudah dalam pelunasan hutang. Sedangkan untuk orang yang sulit dalam melunasi hutang maka lebih baik mendahulukan pelunasan hutang dibanding berkurban.

Dalam pemilihan hewan untuk kurban sendiri, para ulama memiliki aturan tersendiri. Hewan ternak yang bisa dikurbankan adalah hewan ternak yang sudah dewasa dengan aturan umur untuk unta adalah umur minimal 5 tahun, sapi minimal 2 tahun, kambing adalah 1 tahun dan domba minimal 6 bulan. Selain itu, jika ada kecacatan di hewan untuk kurban tersebut, makabisa menjadikannya tidak sah dalam berkurban, berikut ini beberapa kecacatan yang tidak diperbolehkan untuk dikurbankan :


  • Buta sebelah dan jelas kebutaannya. Jika memang kebutaan tidak terlalu jelas, maka masih boleh dikurbankan.
  • Pincang dan jelas sekali tampak kepincangannya dimana berartihewan tersebut tidak dapat berjalan normal. Namun jika memang ada kecacatan di kaki namun masih bisa berjalan dengan baik, maka tetap diperbolehkan.
  • Sangat tua sehingga hewan tersebut sudah tidak memiliki sumsum di tulangnya.

Ada juga aturan dimana makruh untuk dikurbankan adalah hewan yang telinganya terpotong dan tanduknya pecah. Oleh karena itu, demi sempurnanya ibadah kurban, maka ada baiknya memilih hewan yang sempurna dari segi fisiknya sehingga lebih utama.

0 comments:

Post a Comment