Monday, 1 May 2017

Reksa Dana Mudah Ketahui Manfaat dan Jenisnya


Melihat pada arti dari reksa dana adalah sebuah investasi bersama bukan individual, wadah investasi ini kemudian di kelola oleh manajer investasi, bahka pengertian reksa dana di tuangkan dalam Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27) yang menyatakan  reksa dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal atau investor yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Maka melihat dari pengertiannya reksa dana mudah karena pemilik modal atau investor tidak perlu terjun langsung menanamkan modal, karena ada pihak profesional yang akan mengelolanya.

Reksa dana mudah tentu saja jika kita tidak takut resiko dan tahu akan manfaat yang akan di dapatkan juga memahami beragam jenis reksa dana sehingga jika memang ingin berinvestasi di reksa dana tidak buta pengetahuan. Adapun jenis dan manfaat reksa dana adalah sebagai berikut;

Jenis-jenis reksa dana;

  Saham, adalah investasi yang 80% dikelola dalam bentuk saham, nilai keuntungannya tinggi, begitu juga dengan resikonya.
     Campuran, reksa dana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang, resiko reksa dana campuran lebih besar dari reksa dana pendapatan tetap tetapi lebih kecil dari saham.
       Reksa dana pendapatan tetap yaitu investasi dalam bentuk efek bersifat hutang, resikonya cukup rendah, 80% investasi di kelola di jenis ini.
     Reksa dana pasar uang yaitu sebuah investasi dimana 80% nya di tuangkan dalam efek pasar uang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito, beresiko rendah.
     Reksa dana Index, pada investasi ini sebagian besar berasal dari  index tertentu,  dikelola secara pasif, dan tidak melakukan jual beli di pasar bursa.
Manfaat reksa dana;
     Dana dikelola manajemen profesional
     Diversifikasi investasi atau penyebaran investasi
     Informasi yang transparan
     Likuiditas tinggi
     Biaya Rendah


Maka setelah mengetahui beragam jenis reksa dana dan manfaat yang di dapatkan, dan ternyata reksa dana mudah, maka jangan lagi takut berinvestasi di reksa dana. Jika masih kurang paham dan belum memahami perusahaan investasi berbasis reksa dana buka website BNP Paribas atau Banque Nationale de Paris (BNP) akan menjadi patners anda dalam berinvestasi, ditangani oleh para manager investasi terbaik dan profesional dan memiliki kredibilitas.

0 comments:

Post a Comment