Monday, 20 March 2017

Beberapa Keuntungan Dalam Bisnis Saham

keuntungan bisnis saham, bisnis saham

Dewasa ini, tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk bermain saham. Keuntungan Main Saham  salah satunya yaitu meskipun modal awalnya terbilang kecil, akan tetapi keuntungan yang akan di dapat bisa berlipat–lipat. Saham berpotensi menjadi salah satu alternative investasi yang sangat menguntungkan apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

Sebelum bermain saham anda perlu tau beberapa hal penting tentang jenis saham diantaranya: berdasarkan hak kepemilikan terdapat saham biasa dikenal  dengan common stock yaitu saham yang paling bayak muncul di bursa efek kerja Indoneisa dan jika memeilih jenis saham ini maka anda mendapatkan hak untuk mengikuti voting dan dividen dalam rapat umum pemegang saham atau RUPS, dan memiliki hak klaim jika asset perusahaan di likuidasi yang sudah dipotong pajak pendapatan karyawan, kreditur dan pemegang saham preferen. Kemudian ada saham preferen atu lebih dikenal dengan saham prioritas yaitu jika memiliki saham ini maka berhak atas fixed dividen, artinya ketika perusahaan di likuidasi, pemegang saham ini berhak mengklaim asset terdahulu dari pemegang saham biasa.

Kemudian ada juga jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasar yaitu jika menghitung nilai saham berdasarkan nilai penguasaan pasar maka saham yang di perdagangkan akan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: saham papan atas yang memiliki emiten lebih dari Rp. 40 triliyun biasanya dipilih Karena sangat baik untuk investasi jangka panjang. Lalu ada saham lapis dua yang memiliki emiten diantara nilai Rp. 1 triliyun sampai 40 triliyun, memiliki sifat lebih flukuatif dan berada dalam tahap perkembangan. Dan saham lapis tiga yaitu yang memiliki nilai emiten  bernilai dibawah Rp. 1 triliyun.
Ada beberapa Keuntungan main saham diantaranya:

Memperoleh Capital Gain, yaitu selisih antara harga beli dan harga jual saham.


Memperoleh Deviden, yaitu bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan pada pemegang saham saat diadakannya RUPS. Bagi yang bermain saham dalam skala besar, atau menjadi salah satu pemilik mayoritas, maka deviden ini merupakan salah satu keuntungan main saham. Keuntungan yang akan di dapatkan biasanya berupa uang tunai atau bisa diganti dengan penambahan saham. Yang perlu dipahami dan menjadi hal yang penting yaitu deviden hanya berlaku bagi para investor atau pemodal yang sudah melewati cum date deviden atau tanggal pencatatan investor yang berhak menerima deviden. 

0 comments:

Post a Comment