Friday, 3 February 2017

Inilah Profil 3 Calon Gubernur DKI Jakarta 2017

Siapakah yang akan terpilih sebagai gubernur Jakarta 2017-2022? Jawabannya akan diketahui dalam beberapa waktu mendatang. Yang jelas tak lama lagi akan dilakukan pencoblosan untuk memilih gubernur DKI Jakarta ini. Pada tanggal 15 Februari nanti, warga Jakarta akan memilih siapa yang berhak sebagai gubernurnya nanti.

profil 3 calon gubernur dki jakarta 2017

Seperti yang Anda tahu, untuk calon Gubernur DKI Jakarta 2017 diikuti oleh tiga pasangan calon. Mereka adalah Agus H. Yudhoyono - Sylviana Murni, Basuki T. Purnama - Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno.

Bagaimana profil calon gubernur DKI Jakarta 2017 itu? Simak informasinya di bawah ini.

Profil Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., MPA., M.A.

Lahir sebagai anak pertama dari Susilo Bambang Yudhoyono dan Kristiani Herawati, Agus muncul sebagai calon gubernur DKI di detik-detik terakhir.
Majunya Agus sebagai cagub menjadi kejutan. Sebab dengan latr belakangnya yang masih bertugas di militer, tak ada yang menyangka kalau kemudian Agus akan keluar dan memilih untuk maju di pilkada DKI Jakarta ini.

Karir militer Agus sendiri terbilang kinclong. Pria kelahiran 10 Agustus 1978 ini memiliki pangkat terakhir sebagai mayor infanteri. Sejumlah jabatan di militer pun sudah pernah dicicipinya seperti sebagai Pama Kostrad, Danton Yonif hingga  Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning.

Di samping itu, dari sisi pendidikan Agus sangat mumpuni. Ia pemegang Master Public Administration dari Harvard University. Juga menyandang gelar Master of Science in Strategic Studies dari Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University dan Master Leadership and Management di George Herbert Walker School, Webster University.

Profil Ir. Basuki Tjahaja Purnama MM

Pria kelahiran Belitung Timur tanggal 29 Juni 1966 ini sebagai petahana di pilkada DKI Jakarta 207. Dirinya naik sebagai gubernur DKi untuk menggantikan Joko Widodo yang terpilih sebagai presiden Republik Indonesia.

Politik bukan dunia yang asing baginya. Pria yang akrab disapa Ahok ini terpilih sebagai Bupati Belitung Timur pada periode 2005-2010. Kemudian ia mundur sebagai bupati Belitung Timur pada pada 11 Desember 2006 karena hendak maju sebagai gubernur dalam Pilgub Bangka Belitung 2007. Namun pada pilgub Bangka Belitung itu ia kalah dan gagal terpilih sebagai gubernur Babel.

Petualangan politik Ahok berlanjut dengan dirinya terpilih sebagai anggota DPR Ri periode 2009-2014. Ketika itu masuk melalui Partai Golkar dengan daerah pemilihan Bangka Belitung. Kemudian pada tahun 2012, ia maju sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta. ia mendampingi Joko Widodo sebagai cagub yang akhirnya terpilih sebagai gubernur dalam pilgub DKI Jakarta 2012 itu.

Profil Anies Rasyid Baswedan, Ph.D

Anies tampil sebagai calon gubernur DKI Jakarta di tahun 2017 ini dengan diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. Sebelumnya, ia sempat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dari tahun 20i4 hingga 27 Juli 2016. Saaat terjadi perombakan kabinet, posisinya digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Anies kuliah di Universitas Gajah Mada dengan masuk di Fakultas Ekonomi pada tahun 1989. Di masa itu, ia sempat juga menjadi Ketua Senat mahasiswa UGM. Selepas lulus kuliah, Anies kemudian melanjutkan pendidikan masternya di bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs, University of Maryland, College Park pada tahun 1997. Kemudian kuliahnya berlanjut denganmengambil bidang ilmu politik di Northern Illinois University pada tahun 1999.

Selepas itu ia menjadi Rektor Universitas Paramadina pada tahun 2007. Dan kini ia ikut tampil dalam perhelatan pilgub DKI Jakarta 2017.

Itulah profil tiga calon gubernur DKI Jakarta di tahun 2017 ini. Siapakah yang akan memimpin Jakarta hingga lima tahun mendatang? 

0 comments:

Post a Comment