Wednesday, 25 January 2017

Cara Belajar Seni Rupa secara Menarik

Ada banyak cara untuk belajar seni rupa. Selain dengan kuliah jurusan seni rupa, kita juga bisa ikuti workshop, ikut komunitas seni rupa, atau berteman dengan para pegiat seni rupa. Semua itu bisa menjadi wadah untuk pembelajaran seni rupa.

Hal ini juga yang terjadi saat Atlas Room di Semarang mengadakan acara bertajuk 'Loka Karya'. Acara ini merupakan bagian dari Go Ahead Challenge Road To Artwarding Night.

Seni Rupa

Acara seni rupa tersebut melibatkan puluhan seniman dari berbagai sub-culture. Dalam acara itu dilakukan workshop mengenai perkembangan seni rupa saat ini. Serta ada pameran karya seni visual yang yang menampilkan karya dari para visual artis.

Bukan kali ini saja Atlas Room bersama GoAheadPeople.com mengadakan acara. Di tahun sebelumnya acara senada juga digelar. Acara tersebut dimaksudkan agar gaung seni rupa di kota Semarang makin terdengar.

Memang melalui dilakukannya acara semacam ini bisa menjadi wadah positif bagi seniman maupun Anda yang berminat dengan dunia seni rupa untuk bisa memperdalam ilmu, menambah jejaring, serta berdiskusi untuk membahas perkembangan seni rupa terkini.

Bila dirunut dari sejarahnya, event yang dilakukan Atlas Room di Semarang itu sudah dilakukan beberapa kali. Seperti ketika di tahun 2014, digelar acara yang menggabungkan antara mini fashion show, band showcase, serta photography and visual arts exhibition.

Kemudian di tahun 2016, acara Atlas Room bersama Go Ahead People ini berisi acara workshop, pameran karya seni visual, penampilan band Semarang dari berbagai genre, dan pameran fotografi.
Lewat event-event semacam ini diharapkan bisa memacu kreativitas anak muda agar lebih giat berkarya. Event ini juga penting, setidaknya untuk menegaskan bahwa geliat seni rupa di Kota Semarang khususnya menarik untuk dicermati.

Di kalangan anak muda, seni rupa memang relatif terpinggirkan. Padahal seni yang satu ini menyimpan banyak manfaat. Akan lebih baik lagi jika kemudian seni rupa tersebut diajarkan sedari ini. Sebab bisa sebagai cara untuk mengembangkan daya kreativitas, cara untuk mengekspresikan diri. sekaligus cara untuk belajar mengenai keindahan (estetika). Lebih dari itu seni rupa juga merupakan cara untuk meningkatkan imajinasi.

Diharapkan ada banyak lagi event seperti yang diadakan oleh Atlas Room bersama GoAheadPeople.com ini. Bukan hanya di kota-kota besar tapi juga dapat meluas ke kota-kota kecil. Agar bisa ikut memacu perkembangan seni rupa di seluruh Indonesia. Iklim seni rupa yang kondusif ini diharapkan bisa ikut melahirkan para seniman seni rupa yang berkualitas. 

Sebab tak dipungkiri, perkembangan seni rupa di Indonesia sendiri relatif lambat. Sekalipun muncul seniman-seniman baru, namun itu dirasa belum cukup untuk mendongkrak seni rupa sebagai sebuah seni yang banyak digemari oleh masyarakat.

Ya, memang ini bukan hanya tugas dari sekelompok orang saja. Namun menjadi pekerjaan rumah bersama. Tidak hanya dari para pekerja seni rupa, perkumpulan seni rupa, namun pemerintah pun perlu ikut serta agar bisa ikut meningkatkan kualitas seni rupa di tanah air.


Untuk cara meningkatkan apresiasi seni rupa di tengah masyarakat ini memang banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti dengan rutin mengadakan pameran seni rupa dan mengadakan workshop maupun diskusi mengenai seni rupa. Namun tak cukup itu saja, perlu pula untuk membuat kantong-kantong atau komunitas seni rupa di berbagai daerah. Dengan begitu, dengan sendirinya iklim seni rupa ini akan lebih terasa karena memang banyak orang yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

0 comments:

Post a Comment