Sunday, 18 September 2016

Meningkatkan Trombosit Dengan Buah-Buahan

Penderita penyakit bawaan vektor seperti malaria dan demam berdarah bisa mengalami penurunan jumlah platelet atau trombosit yang drastis. Jika tidak ditolong segera, penurunan ini akan dapat berakibat fatal dari waktu ke waktu.
Orang yang sehat normalnya memiliki 150.000 sampai 450.000 trombosit setiap mikroliter darah. Fungsi trombosit sendiri adalah menghentikan pendarahan dengan menggumpalkan dan membekukan darah.
Jumlah trombosit dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan sehat yang mendukung terbentuknya trombosit baru. Berikut adalah lima di antaranya makanan yang akan membantu dalam meningkatkan trombosit.
Kiwi
Buah ini dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dan juga berguna bagi mereka yang menderita anemia, kekurangan vitamin B, dan menderita infeksi virus lainnya.
Buah naga
Buah naga membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah karena mengandung zat antioksidan.
Putih telur
Bahkan putih telur membantu dalam meningkatkan trombosit Anda karena mengandung albumin yang merupakan protein penting yang ditemukan dalam plasma darah.
Susu dan produk susu lainnya
Susu dan produk susu lainnya bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit karena sebagian besar kaya kalsium.
Daun pepaya
Daun pepaya dapat membantu mereka yang menderita malaria atau demam berdarah. Hal ini karena kandungan enzim seperti chymopapin dan papain berperan dalam meningkatkan trombosit darah.
Sayuran berdaun hijau

Makan makanan berdaun dan sayuran hijau gelap seperti selada dan peterseli, zaitun, kacang kedelai, kale dan brokoli memiliki kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Selain itu, kebanyakan dari mereka juga mengandung vitamin K, yang merupakan dua komponen penting untuk pembekuan darah.

0 comments:

Post a Comment