Sunday, 18 September 2016

10 Alasan Wanita Karier Harus Cukup Tidur

Beberapa orang beranggapan bahwa wanita karier perlu tidur selama enam jam. Tapi, ada juga yang mengatakan wanita perlu tidur 7-8 jam setiap malam. Jadi sebenarnya berapa lama waktu tidur yang ideal untuk wanita setiap malam ?.
Ya, minimal wanita karir harus tidur 7 jam setiap malam. Namun, umumnya wanita karir kurang tidur, baik karena tuntutan perkerjaan maupun kewajiban dalam mengurus keluarga.
Sayangnya, mereka gagal menyadari bahwa kondisi tersebut bisa membahayakan kesehatan. Seperti makanan, tidur juga sama pentingya untuk kesehatan.
Wanita karier yang kurang tidur akan merasakan dampak pada fisik, emosional dan mental. Bahkan, kreativitas dan produktivitas kerja juga terhambat jika sampai kurang tidur.
Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, berikut adalah 10 alasan mengapa wanita karier harus tidur minimal 7 jam setiap malam:
Kelelahan
Ketika Anda tidur, tubuh mengalami banyak perawatan biologis untuk mempersiapkan fisik keesokan harinya. Tapi, ketika tidur kurang dari 7 jam, keesokan harinya seorang wanita karir akan merasa lelah ketika bangun. Dengan kata lain, tidur minimal 7 jam setiap malam diperlukan wanita karir untuk mengembalikan energi.
 Iritabilitas
Ketika wanita karier tidur tidak memadai, otak tak bisa berfungsi dengan baik dan kemampuan kognitif terganggu. Kondisi inilah yang membuat wanita karir sering jengkel.
Mengurangi imunitas
Ketika tidur, tubuh memproduksi salah satu antibodi yang paling penting, yaitu sitokin. Antibodi ini yang membantu meningkatkan kekebalan dan melawan virus. Jadi, ketika wanita karier kurang tidur, maka kekebalannya akan menurun, sehingga rentan terkena berbagai penyakit dan infeksi.
Risiko masalah pernapasan meningkat
Ketika sistem kekebalan tubuh melemah karena kurang tidur, maka wanita karier berada pada risiko yang lebih tinggi tertular penyakit pernapasan. Karena itu, tidur selama 7 jam sehari diperlukan bagi wanita karier untuk menjauhkan diri dari penyakit pernapasan.
Kenaikan berat badan
Kurang tidur akan mempengaruhi dua senyawa kimia alami tubuh. Eptin (yang memberi rasa kenyang) menurun dan ghrelin (hormon lapar) menjadi meningkat. Karena itu, wanita karier yang tidur kurang dari 7 jam sehari cenderung akan mengalami kenaikan berat badan.
Risiko diabetes meningkat
Ketika kurang tidur, wanita karier berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Karena, tubuh cenderung melepaskan lebih banyak insulin ketika Anda kurang tidur, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes.
Risiko penyakit jantung meningkat
Tidur minimal 7 jam sangat diperlukan untuk menyembuhkan pembuluh darah dan jantung secara alami. Jadi, ketika wanita karir tidak mendapat tidur selama 7 jam sehari, maka mereka berada pada peningkatan risiko mengembangkan masalah jantung.
Risiko mengalami hipertensi
Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka berisiko mengalami masalah pada pembuluh darah. Hal ini akan berakhir pada risiko tekanan darah tinggi yang meningkat.
Konsentrasi menurun
Ketika Anda tidur, pikiran juga akan beristirahat, sehingga segar di pagi hari. Tapi, ketika tidur kurang dari 7 jam, maka wanita karir cenderung kehilangan konsentrasi.
Depresi

Salah satu dampak terburuk dan merugikan bagi wanita karier yang tidur kurang dari 7 jam sehari adalah berisiko mengalami depresi. Jadi, wanita karir harus berupaya tidur minimal 7 jam sehari untuk menjaga kesehatan mereka secara keseluruhan. Demikian sebagaimana yang dilansir dari Boldsky.

0 comments:

Post a Comment